24 September 2008

Be A Salesman Idol

Salesman Idol
Pada acara TV yang banyak digelar akhir2 ini untuk mendapatkan seorang idol, para peserta harus melewati beberapa proses yang panjang dan melelahkan. Dengan menunjukkan kemampuan yang luar biasa, penampilan yang memukau, dibutuhkan juga sikap dan perilaku yang dapat mencerminkan seorang idola.

Begitu juga apabila ingin menjadi salesman idol. Dari seleksi awal, penerimaan dan sampai akhirnya menjadi karyawan butuh proses yang panjang dan melelahkan. Apakah proses itu hanya akan disia-siakan begitu saja dengan hanya menjadi salesman biasa? Di bawah adalah beberapa tips yang dapat ditanam di dalam benak agar dapat menjadi Salesman Idol

•- Saya Salesman

Buatlah statement diri dan BANGGALAH menjadi salesman karena anda diberikan kesempatan untuk menjadi ujung tombak dan ikut serta dalam memajukan perusahaan tempat anda bekerja. Siapa bilang menjadi salesman memalukan atau merendahkan harga diri? Joe Girard seorang salesman mobil, pernah berkata "yang membuat sebuah mobil laku/tidak laku dijual bukanlah kualitas, harga atau situasi tertentu, tetapi SIAPA yang menjualnya" dan terbukti dia telah menjual 13.000 mobil dalam karirnya selama 15 tahun.

•- Saya Ada di Sini

Buatlah diri anda terlihat dengan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang luar biasa dan mencerminkan bahwa anda adalah bagian dari perusahaan anda bekerja. Sebagai contoh: pengetahuan mengenai produk, harga jual, perusahaan, pesaing, distribusi, promosi dll. Keterampilan di bidang komunikasi, negosisasi, adaptasi, problem solving, dll. Sikap yang ramah, jujur, disiplin, sabar dll.

•- Saya teman anda

Milikilah hubungan profesional yang indah dengan sesama rekan kerja, atasan dan juga pelanggan. Jadilah anggota tim yang berprestasi dan solusi bagi pelanggan. Seorang striker tidak akan dapat mencetak gol apabila dia hanya bermain sendiri melawan tim lawan.

•- Saya yang terbaik

Jangan pernah mengatakan tidak sebelum mencoba, butuh pengakuan atas sebuah prestasi dan yakinkan diri anda kalau anda "pasti bisa" jadi yang terbaik

Are You The Next Salesman Idol ?

Publikasi ulang dari tulisan Bp.David Kadisihe

0 Komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini