17 September 2008

Who is THE REAL SALESMAN?
bagian kedua

As Key Account,
Pada beberapa perusahaan, para Customer dan Consumer (target) besar dikelola dengan serius via Key Account Management. Kenapa? Karena semakin dekat dengan target market maka akan semakin besar kemampuan perusahaan untuk memuaskan mereka yang pada akhirnya akan membuat target menjadi lebih loyal dan ujung-ujungnya sales akan meningkat.

Nah bagi Salesman, membangun relationship seperti seorang key account merupakan hal yang sangat penting sekali! Karena jika target sudah membeli dan puas, maka mereka akan berubah menjadi captive market kita, serta menjadi “sertifikasi” bagi kita pada saat mendatangi lingkaran yang dikenal oleh si target. Banyak Salesman yang malah menjadi hitman alias tembak langsung hilang demi menggapai target sales sesaat, padahal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan sustainable sales result adalah Partnership, hingga kita bisa mengembangkan pasar baru namun dengan tetap menjaga pasar yang sudah ada.

As Public Relation,Hubungan Salesman dengan Targetnya tidak melulu atas dasar sales saja. Kemampuan seorang Salesman yang bisa bertindak sebagai Public Relation dari company nya justru membuat hubungan antara mereka menjadi semakin erat. Nah, Kedekatan dengan target inilah yang bisa membuat para Salesman menjadi pengantar berita yang kredibel bagi perusahaannya. Seperti kalo lagi ada kekurangan stok dipasaran, maka kemampuan Salesman menenangkan para target market lebih powerful dibanding sekedar press release dikoran nasional. Ini bisa terjadi karena jika fungsi Key Account nya berjalan dengan baik hingga membuat mereka menjadi kredibel dimata konsumen untuk menjadi perwakilan perusahaan.

Bagi Salesman, kemampuan menjadi public relation akan menjadi “sertifikasi” bagi konsumen bahwa ini adalah Salesman yang terpercaya dan bisa diandalkan. Tentu saja fungsi ini mewajibkan Salesman untuk selalu menjaga citra perusahaan dimana saja dan kapan saja.

Sell the right product to the right target on the right place at the right time menjadi hal yang possible jika ketiga fungsi diatas dijalankan dengan baik tanpa setengah hati.

Publikasi Ulang dari tulisan Bp. Ronald Sipahutar

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Pak Anthony,

Menarik diajak share, mungkin ada baiknya diajak join dengan bapak sekalian sharing ttg Sales.

Terima kasih

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini