17 Februari 2009

Membangun RASA PERCAYA DIRI

Mungkin jarang yang menyadari, bahwa salah satu modal penting seorang salesman adalah rasa percaya diri. Ada sebuah pendapat, sebelum mulai menjual sebuah produk, seorang salesman harus mampu "menjual" dirinya terlebih dahulu. Artinya, bagian penting dari sebuah seni menjual adalah bagaimana kita membuat calon pembeli lebih dulu menyukai dan percaya pada si penjual. Oleh sebab itu, seorang salesman wajib memiliki rasa percaya diri sebelum membuat orang lain percaya kepadanya.

Di bawah ini adalah resep untuk membangun rasa percaya diri, dari buku Sukses Memotivasi karangan Richard Denny...

Hindari Mencari Alasan
Begitu banyak orang mengurungkan niat mereka dengan mengajukan alasan yang tidak masuk akal dan samasekali salah, seperti; saya tidak bisa, saya tidak mampu sebab..., pendidikan saya belum memadai, saya sudah terlalu tua, saya masih terlalu muda, dan lain-lain...

Siapapun dapat mencari alasan untuk segala macam perkara. Sebuah alasan mungkin untuk sementara bisa menyenangkan dan menentramkan hati, tetapi alasan-alasan hanya akan menghamabat seseoarang dari pencapaian sasaran. Ingatlah bahwa otak kita adalah kawasan penyimpanan -- apa yang kita masukkan pada gilirannya akan keluar lagi, jadi gantilah penyisipan hal-hal negatif dengan hal-hal positif.

Gunakan Daya Imajinasi
Otak dengan kapasitasnya yang tidak terbatas dapat membantu kita dengan tanpa batasan untuk mencapai ambisi hidup, hanya jika kita memberinya kesempatan. Biarkan dia menggambarkan diri kita sebagai pribadi yang kita inginkan. Gambarkan wujud yang anda inginkan dengan jelas. Semakin kita memikirkan itu semua, semakin besar kepastian akan suatu hasil yang positif.

Jika anda secara terus menerus membiarkan pikiran ini dipenuhi dengan bermacam-macam pemikiran mengenai penyakit dan kesehatan yang buruk, hampir dipastikan anda akan mengalami penyakit yang anda pikirkan itu. Sama halnya, jika kita terus menerus memikirkan hasil negatif tentang pergaulan atau karier bisnis, pemikiran itu pada gilirannya akan mengakar dalam diri kita.

Maka dalam proses membangun kepercayaan diri melalui daya imajinasi otak, pentinglah untuk menjadi yakin bahwa apa yang sedang kita pikirkan dan lihat dengan jelas adalah hal yang positif. Hal yang positif itu harus memungkinkan kesan positif pada diri kita dan peningkatannya, serta pemikiran positif itu harus mengarah ke target kita, cita-cita dan kebahagiaan dalam hidup.

Jangan Takut Gagal
Kegagalan telah mengahalangi begitu banyak orang. Sehingga mereka mundur sebelum mencoba, sebelum berbuat atau sebelum meraih keberhasilan. Sebab mereka tidak mampu menerima terminologi dimana ada kemungkinan untuk gagal. Sebagian orang benar-benar tidak pernah mencoba sesuatupun sebab rasa takut gagal ini telah menguasai otak mereka selama bertahun-tahun. Setiap hari mereka memikirkan kegagalan ini sehingga mereka tidak pernah sungguh-sungguh melakukan sesuatu dan pada akhirnya mereka tidak percaya diri dan penuh keraguan.

Seseorang yang takut tenggelam, tidak pernah akan bisa berenang

Penampilan Membentuk Kepercayaan Diri
Penampilan luar memang bukan segalanya. Tetapi, terkadang perlu untuk membelanjakan uang demi penampilan luar yang menarik. Sebab, dengan penampilan luar yang menarik memberi kesempatan yang ada dalam diri kita untuk merasa baik.

Susunlah Catatan Mengenai Sukses Yang Diperoleh
Setiap orang pasti pernah mencapai sukses dalam hidupnya. Cara mengumpulkan catatan sukses masa lalu sangat sederhana. Pikirkan balik sukses anda yang paling awal yang mungkin terjadi pada masa sekolah, ketika memenangkan lomba balap kelereng atau balap karung. Mungkin juga berawal dari ucapan selamat ketika memenangkan lomba mengambar atau melukis. Ini bisa dilakukan secara lisan pada suatu audio kaset atau buku catatan. Anda bisa melihat kembali catatan dan memperbaharui aset paling berharga Anda dengan kenangan akan sukses tersebut.

Motivasi hanya dapat mengabadikan diri berdasarkan harapan. Untuk memotivasi diri, seseorang harus memiliki harapan tentang sebuah masa depan. Oleh karena itu dalam memotivasi diri seseorang bertanggung jawab untuk menciptakan sendiri harapannya.

14 Komentar:

Anonim mengatakan...

wah makasih banget nih atas tipsnya...

Anonim mengatakan...

percaya diri ga cuman harus dimiliki salesman kan? hehehe,,
mungkin semua personil yang bergerak dalam susu sistem :D

Anonim mengatakan...

Komentar pertama nih di situs barunya hehehe...

Anonim mengatakan...

nice info mas..menjadi inspirasi bagi saya..:)

Anonim mengatakan...

pelajaran marketing, boleh di telaah lebih jauh dan di praktekan kagak nih?

DavidMIqbal mengatakan...

kalo yg beginian saya nggak mengerti bos.tp buat tambah pengalaman bagus juga..

Anonim mengatakan...

terima kasih mas sudah berbagi ilmu dan pengalaman sampeyan

Xiao Mei mengatakan...

Kayaknya perlu disaveas semua artikel yang ada disini, bisa jadi ebook :-)

movie trailer mengatakan...

Postingan yang bermanfaat tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri.

Semua langkah-langkah di atas benar dan memang terbukti. Saya juga sering mencatat keberhasilan-keberhasilan saya dan itu benar-benar menambah raa percaya diri.

http://cinema-bioskop.blogspot.com

Iqbal mengatakan...

Nice posting, keep posting []

Anonim mengatakan...

DAHYSAT.......!!

Mario Tegar mengatakan...

salam super...,
"JUJUR dan Doa" 2 kata yang sangat gampang kita ucapkan, tapi sangat susah untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, jujur adalah modal terbesar dalam kehidupan kita sehari-hari, bagaimana kita dapat dipercayai oleh konsumen jika kualitas barang yang dia terima tidak sepadan dengan yang kita tawarkan...tentu dia akan merasa kecewa dan tidak akan mempercayai kita lagi.dan jangan lupa berdoa akan membantu kita membentuk pribadi yang baik, dengan selalu ingat kepada yang di atas.

dhimz mengatakan...

thx banget atas infonya..jadi sy bisa memberikan training kepd staff marketing saya..:)

Unknown mengatakan...

Percaya diri itu sangat penting,dalam dunia salesman,
Thanks buat infonya,
smoga bermanfaat buat yg berkarir...

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini