22 Desember 2008

PENOLAKAN

Seorang salesman hebat dimanapun pasti pernah mengalami sebuah penolakan. Dan tidak sedikit yang kemudian salesman yang mengalami kejadian itu harus membanting haluan untuk meneruskan profesi sales mereka. Dan bahkan dalam setiap kesempatan interview mereka kalau boleh memilih selalu berharap bukan melamar untuk menjadi salesman, sayangnya mereka tidak bisa memilih.

Penolakan, mungkin sebenarnya musuh terberat seorang salesman. Seorang salesman yang dalam 3 hari aja tidak mendapatkan order, karena seringnya penolakan pasti akan menjadi kurang termotivasi dan akhirnya terserang penyakit "muntaber" (sedikit meminjam istilah yang dipakai bisnis MLM) alias Mundur Tanpa Berita.

Penolakan, masih akan sering terjadi namun setidaknya kita harus belajar untuk tidak mengulang kejadian yang sama. Beberapa hal yang melatar belakangi kenapa mereka menolak penawaran kita:

Kurang Informasi, Bisa saja informasi yang kita jelaskan belum menyentuh apa yang mereka inginkan. Banyak kejadian pada presentasi awal, salesman memaksa untuk closing namun tidak memperhatikan banyak hal yang mereka inginkan. Presentasi awal adalah jalan untuk menemukan follow up berikutnya, apalagi kalau produk yang kita tawarkan adalah produk yang bersifat spesifik.

Terganggu Zona Kenyamanannya, seorang yang sudah mindet banget dengar produk yang selama ini dia pakai, tentu akan cenderung mempertahankan (memuji) produk yang dia pakai. Semakin kita menekan untuk membeli produk kita, bisa-bisa kita akan diajak main taruhan tentang kualitas produk dengan emosional.

Seseorang yang sudah sangat loyal sebagai pemakai salah satu produk competitor tentu diperlukan strategi khusus untuk menarik minat mereka. Terlebih produk kita adalah produk baru yang baru launching, diperlukan banyak data pendukung dan waktu yang relatife lebih untuk memberikan informasi yang sangat lengkap.

Namun kita harus tetap optimis dan tetap melakukan improvisasi dalam melakukan pendekatan, terkadang ikut naik, standar, atau turun sedikit untuk kemudian membuat manuver ( kayak mau perang aja ya…). Pasti deh mereka masih bisa kok berubah arah setelah mendapat penjelasan kita (tentunya dengan follow up, diskusi dengan antusias).

Referensi dari artikel Sales Development and Trainer Forum

18 Komentar:

Anonim mengatakan...

Memang salesman ujung tombak perusahaan....

Katanya harus pnya soft skil...

Subagya mengatakan...

yup di perlukan plan of action sebelum berperang.. hidup salesman

Anonim mengatakan...

semuanya betul.....

Anonim mengatakan...

kenapa ada penolakan, itu karena ada penerimaan... di bumi ini segala sesuatu ada pasangannya... hiks****

Anonim mengatakan...

Kalau yang namanya penolakan dalam dunia salles sudah merupakan bagian dari resiko pekerjaannya.
Pengalaman saya sebagai salles dalam mendongkrak penjualan sehingga konsumen tertarik untuk membeli adalah :
1. Lakukan berulang-ulang dalam mempromosikan produk, bisanya seorang konsumen tidak cukup 1 kali akan menerima begitu saja penawaran kita.
2. Miliki kemampuan membaca karakter konsumen, dan dapatkan kesamaan kepentingan dalam memilih...berikan dia sebuah pilihan bukan paksaan.
Intinya..konsumen melihat sikap salles dalam membawakan dan mempromosikannya dan hanya 20% saja yang melihat produknya.
Yah...ini hanya sebatas pengalaman saya mas Anthony...bukan berarti cara saya juga paling benar.


Blog barunya oke banget mas Anthony...Selamat dan semoga sukses...
Oh..ya..kapan-kapan boleh juga saya jadi guest writter disini...tapi ijinkan saya memilih waktu yang tepat...maklum kadang-kadang masih sibuk offline neh..

Anthony Harman mengatakan...

Untuk Yopan Prihadi,
Kalo pak Yopan berkenan jadi guest writter di blog ini, suatu kehormatan buat saya. Terserah anda, pilih waktu yang tepat pas lagi penuh inspirasi, pak Yopan. Tq

Jaloee mengatakan...

iye sy rasa penolakan karena kita beloem di beri kesempatan untuk memberikan informasi yg kita bawa

www.katobengke.com mengatakan...

wah aq pernah loh jadi salesman juga.....
and aku alami tuh namnya penolakan.....
sakit.....

Anonim mengatakan...

Wah ini toh website yang baru launching,
selamat yo kang

Mario Tegar mengatakan...

salam super...,
"penolakan" sering membuat kita putus asa,penolakan memang akan membuat kita pesimis sehingga kita kurang bersemangat dalam bersaing dengan kompetitor,tapi kembali ke pribadi masing-masing, ibarat besi yang terus diasah lama2 juga akan tajam, begitu juga dengan penolakan yang kita alami akan membentuk kita menjadi pribadi yang kuat,dan membuat kita semakin kreatif dalam mempromosikan kelebihan produk kita di banding produk lainnya.

roma mengatakan...

gmn cara menawar kan product yg baik mas?
saya kerja di perbankan....byk skali competitornya,,,masalah yg sering terjadi itu pasti suku bunga...mohon petunjuk nya mas....makasih

en mengatakan...

salesman memang ujung tombak perusahaan , tapi terkadang petinggi perusahaan tak menghargai seorang salesman di dalam perusahaannya . percumah ada directur, ada menajer, kalo tanpa ada nya salesman , siapa yang mau menjual , pemasukan dari mana tanpa salesman ???? MAU BANGKRUT?

teguh mengatakan...

Pekerjaan yang penuh tantangan,tapi hasilnya sepadan,.

Raditya Andry Wibowo mengatakan...

hallo pak, saya masih baru nih di dunia sales tp apa yg bpk.anthony tulis sungguh merubah pandangan saya terhadap dunia sales , sungguh luar biasa artikelnya terimakasih banyak pak

sekarang saya bekerja sebagai salesman sebuah kendaraan roda empat juga salesman lepas dari sebuah perusahaan obat.

terimakasih pak motivasinya.

hidup salesman

Unknown mengatakan...

saya baru terjun didunia Marketing...semoga blog ini bisa bermanfaat

Unknown mengatakan...

gmn caranya menarik konsumen yang secara ekonomi menengah keatas...help

Unknown mengatakan...

Alasan penolakan yg paling sering muncul adalah "stok masih ada"
Hahaha......

Unknown mengatakan...

Tetap optimis, itu benar
tapi klo sy ,pernah merasakan penolakan trsbut,namun bukan berarti kita akan mundur begitu saat, kita harus memperhatin sebab,
Intinya,Fokus dan ttp bertahan,
Bahkan buat suasana menyenangkan,
yakin pasti kedepan dia akan mencari ada..

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini