26 Juli 2009

Database

Dalam dunia sales, database adalah catatan penting mengenai segala hal yang berhubungan dengan customer; Kartu nama customer, data diri customer, data omzet customer sampai segala sesuatu yang bersifat pribadi seperti tanggal ulang tahun, hobby dan makanan kesukaan customer yang bersangkutan.

Banyak salesman yang menyadari manfaat sebuah database. Padahal database ini sangat penting untuk menunjang sebuah keberhasilan.

Salesman yang baik tentu memiliki catatan khusus di mana dia merekam semua data penting, kegiatan dan pencapaian yang telah dia lakukan. Karena dari catatan-catatan itulah, dia bisa memanfaatkan data yang telah ada dan melanjutkan usahanya ke tahap berikutnya. Keberhasilan dalam melakukan penjualan dan transaksi, pasti tidak jauh sumbernya dari database ini.

Dalam teori manajemen modern, database termasuk dalam kategori aset penting sebuah perusahaan. Bahkan sejumlah perusahaan berani membeli database perusahaan lain dengan harga mahal. Semua bisnis bergantung pada database. Awal dan akhir bisnis adalah database.

Seorang salesman sebaiknya minimal memiliki satu database yang berisi nama-nama klien. Apa saja yang ada dalam database? Tentu saja tidak cukup dengan hanya memiliki nama dan nomor telepon customer. Mungkin meliputi pekerjaan, hobi, keluarga, hari-hari penting, impian-impian dan ketidaksukaannya pada sesuatu.

Database akan memberikan manfaat maksimal jika berisi data lengkap. Jadi mulai sekarang, buatlah database selengkap mungkin dan peliharalah yang sudah ada.

6 Komentar:

Bung Eko mengatakan...

Tidak hanya salesman. Dulu seorang dosen saya pernah setengah memaksa kami mahasiswanya untuk membuat database narasumber. Isinya berupa nama, nomor telepon, alamat, dll. yang berhubungan dengan si narasumber. Ini penting sekali bagi seorang yg hendak menjadi wartawan jempolan, kata dosen saya itu. Dan memang itu terbukti benar, setidaknya ketika saya praktikkan sewaktu magang dulu.

Btw, apakah database juga penting bagi blogger, Bung?

Bob cupu mengatakan...

klo menurut ane sih , data base penting bagi segala aspek pekerjaan. power dapat di redam bila kita mengetahui kelabihan dan kelemahan baik dari kita maupun lawan.
klo blogger, dilihat sekarang ini itu penting, menujang rasa kepercayaan lebih dan sedikitnya mencegah hal bersifat kriminal (bila diisi secara benar)

Anonim mengatakan...

data base pasti dapat meningkatkan penjualan. kalo kita sadar hampir tiap hari kita di sms atau di tlp atau di email oleh orang lain untuk ditawari product. sadarkah kita kalau omset penjualan mereka meningkat karna kita ikut membeli ???... jadi "MEMANFAATKAN DATA BASE PASTI MENINGKATKAN PROFIT"

miko raharnowo

Mario Tegar mengatakan...

salam super...,
"database" elemen yg tak kalah penting dalam perangkat komputer yang kita pakai sehari-hari
dalam dunia bisnis database juga berperan penting dalam menjaga relationship antara costumer dengan perusahaan. Tapi tindakan nyata dalam membina relationship antara yang bersangkutan lebih penting,karna jika hanya data yang kita miliki tapi tidak kita kembangkan,sama saja dengan kartu memori yang hanya di simpan didalam saku.

Unknown mengatakan...

Benar sekali,
TQ

Dian Mozaix mengatakan...

Nice artikel pak. sesungguhnya awal modal kerja dari sales adala network dan database. Bila kaya akan network dan database akan jauh lebih mudah untuk melakukan prospekting. Terima kasih. mampir juga pak ke Sharing Cerita Motivasi dan Pengembangan Diri

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini