23 Juli 2009

Menjadi Pendengar Yang Baik

Semua salesman pasti mau menjadi penjual jempolan yang selalu sukses dengan transaksi penjualan dan mendapatkan komisi yang besar. Rahasia sukses terbesar bagi seorang salesman ternyata sangat sederhana. Sangat sederhana sehingga sering disepelekan oleh kebanyakan salesman.

Mau menjadi pendengar yang baik. Ya, itulah kunci utamanya, Tanpa kemauan dan kemampuan menjadi pendengar yang baik, dijamin seseorang tidak akan menjadi salesman yang baik. Salesman yang tidak mau mendengar dan mengabaikan kemampuan ini, sebaliknya akan menjadi bawel dan mungkin aja akan dibenci konsumen.

Calon pembeli sebenarnya tidak butuh penjual yang pintar "ngecap". Mereka perlu pendengar yang baik, yang bersedia mengikuti apa kemauan mereka. Sayang kebanyakan salesman justru melakukan sebaliknya, mereka lebih banyak bicara ketimbang mendengarkan.

"Salesman yang hebat adalah yang jago bicara..." Pendapat tersebut salah mutlak. Justru salesman yang hebat adalah salesman yang lebih banyak mendengar keinginan konsumen.

Pintar bicara kadang bermanfaat, tetapi sering juga menjadi bencana. Banyak konsumen yang menjadi antipati terhadap salesman yang banyak bicara dan mengobral kata. Ingat kalimat bijak ini: "makin banyak bicara, makin banyak pula kemungkinan salah ucap"

Hal terbaik adalah menjadi pendengar yang hebat. Setelah semua informasi didapat, baru boleh banyak bicara. Sehingga apa yang kita bicarakan bisa dipertanggung-jawabkan. Konsumenpun akan menerima, karena apa yang kita bicarakan sesuai dengan kemauan mereka.

Mau menjadi salesman yang selalu sukses menjual, jadilah pendengar yang baik.

7 Komentar:

kai mengatakan...

ilmu ini juga bisa dipraktekin utk mendapatkan banyak temen..

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak mas tipsnya, hal ini sangat membantu karier dan kehidupan saya ^_^

Bung Eko mengatakan...

Apa yg dituliskan Bung Anthony juga patut dan perlu diaplikasikan untuk blogger dlam bergaul. :D

boedy mengatakan...

cocok..tentunya menjadi pendengar yang sungguh2, perlihatkan minat yang besar dari apa yang dibicarakan..

ptu mengatakan...

sy akan coba

Lowongan Kerja mengatakan...

makasih bos tipsnya

nih gw rencana bulan 2 ini uda mau jadi salesman

dukung yah dan doanya :p

Mario Tegar mengatakan...

salam super...,
"menjadi pendengar yang baik" dalam dunia marketing harus mempunyai balence yg seimbang, jangan selalu mendominasi pembicaraan dalam setiap topik,karna akan menimbulkan image sombong dan image itulah yang akan membuat anda tidak disukai walaupun anda telah mengenal dekat calon costumer sekalipun...

Posting Komentar

Jangan sungkan2 untuk mengemukakan pendapat anda di sini